Kamis, 13 Oktober 2011

FILSAFAT HIDUP                                                     "ALAM TA KAMBANG JADIKAN GURU"             MEMPERMUDAH                                                   ORANG MINANGKABAU                                         DALAM MEMBINA IMAN ISLAMI !                                     
Panakik pisau sirauik
ambiak galah batang lintabuang
silodang ambiak ka niru
 
nan satitiak jadikan lauik
nan sakapa jadikan gunuang
alam takambang jadi guru

3. BUNDO KANDUNG 

Bundo kanduang (ibu kandung) menurut legenda dari ranah Minang, " Cindua mato", konon adalah seorang Ratu dari kerajaan Minangkabau yang berpusat di Pagaruyung Sumatra Barat, tepatnya di Batusangkar, kabupaten tanah datar sekarang ini.
Namun bila kita pelajari sejarah Adat Minangkabau berdasarkan Tambo Adat, ternyata  kata " Bundo Kanduang', mempunyai arti yang sangat mendalam yang merupakan cikal bakal terbentuknya adat minang kabau itu sendiri dengan sistem  menarik garis keturunan dari ibu(Matrilinial).
Bahwa nenek moyang orang Minang sangat memulyakan ibunya, mengingat ibu mempunyai peranan yang cukup besar dalam pembentukan mental , karakter , fi'il perangai seorang anak, mulai dari dia bayi, tumbuh besar dan dewasa, mulai di dalam rumah sampai si anak bersosialilasi dengan  saudara-saudaranya, saudara ibunya, saudara bapaknya, neneknya dan kaum kerabat,teman -temannya sampai ke masyarakat luas, dan karena falsafah " alam takambang jadikan guru' telah mendarah daging,sehingga lahir pepatah :
 
Kok karuah aie di hulu
Sampai ka muaro karuah juo
Kok kuriak induaknya, rintiak anaknyo
Tuturan atok jatuah ka pelimbahan juo
 
artinya anak -anak akan tumbuh seperti ibunya, karena ibu yang paling dominan mendidiknya, sebab dahulu bapak jarang berada di rumah karena kesibukan mencari nafkah untuk keluarganya.
Di rumah yang tidak kalah pentingnya adalah juga peranan nenek, sehingga tak jarang kita dengar di tengah masyarakat orang mengeluarkan ungkapan ; sia anduang ang yuang..., anak sia ko!(siapa nenekmu !, anak siapa ini ?)
Biasanya ungkapan seperti ini timbul kalau ada seorang anak yang berkelakuan tidak baik, tidak sesuai dengan moral agama, adat dan kesopanan di masyarakat minang, ungkapan mana selanjutnya akan diikuti dengan ; oh anak cucu si anu.....patuiklah ! (oh anak cucu si anu , pantaslah begitu ! )
Menyadari hal tersebut, maka masyarakat sangat menghormati keberadaan seorang ibu, yang akan mewarnai nilai masyarakat terhadap keluarganya, harkat dan martabat keluarga terletak di tangan ibu, apa bila ibu baik, maka akan baiklah anak2 yang di besarkan dan didiknya, demikian sebaliknya.
Bahwa di samping itu seorang ibu juga adalah orang yg bertanggung jawab akan pemeliharaan harta keluarganya, sehingga seorang ibu di ranah minang adalah pemegang kunci harta bendanya, dia juga bertanggung jawab akan kesehatan dan makan minum keluarganya, sehingga ibu berusaha untuk membuat makanan yang enak dan lezat untuk keluarganya, hal hasil sebagaimana dunia mengakui masakan minang (lebih terkenal dengan masakan padang) merupakan salah satu masakan terlezat di dunia.
Yang apa2 yang akan membuat kebahagiaan,dalam rumah, sehingga rumah menjadi sorga bagi penghuninya itulah kewajiban seorang ibu, sehingga bundo kanduang tak jarang juga disebut limpapeh rumah nan gadang.
Demikian kompleksnya tugas dan kewajiban seorang ibu di ranah Minang, dapat kita lihat sebagai mana dipaparkan dalam pantun gurindam di bawah ini ;
Bundo kanduang limpapeh rumah nan gadang
Amban puruak pagangan kunci
Amban puruak aluang bunian
Pusek jalo kumpulan tali
Sumarak didalam kampuang
Hiasan dalam nagari
Nan gadang basa batuah
Kok hiduik tampek banasa
Kok mati tampaik baniaik

Ka undang-undang ka Madinah
Ka payuang panji ka Sarugo

Limpapeh rumah nan gadang
Sumarak dalam nagari
Hiasan didalam kampuang
Nan tau jo malu dan sopan
Hiasan Kampuang jo halaman
Langkok ka koto jo nagari
Sampai ka balai jo musajik
Panyusun sumarak rumah tanggo
Laku baiek budi baiek
Malu jo sopan tinggi sakali
Baso jo basi dipakaikan
Nan gadang basa batuah
Kok hiduik tampek banasa
Kok mati tampaik baniaik
Tiang kokoh budi nan elok
Pasak kunci malu jo sopan
Hiasan dunie jo akiraik
Auih tampek minta aie
Lapa ka tampaek minta nasi

Elok tapian dek nan mudoElok tapian dek nan mudo
Elok Kampuang dek nan tuo
Elok Nagari dek pangulu
Elok musajik dek tuangku
Elok rumah dek bundo kanduang

Muluik manih kucindam murah
Baso baiak gulo di bibie
Muluik manih talempong kato
Sakali rundiang disabuik
Takana juo salamonyo
Masaklah buah kacang padi
Dibawok urang katangah pasa
Padi nan masak batangkai-tangkai
Bundo kanduang tuladan budi
 

Paham nan indak amuah tajua
Budinyo nan indak amuah tagadai

Memang tak ada yang tau pasti, apakah gurindam ini gambaran dari seorang Ratu Kerajaan Pagaruyung bergelar bundo kanduang ataukah ini tuntutan masyarakat yang harus di jalankan oleh seorang ibu atau perempuan di minangkabau. 

Berdasarkan tambo adat minang kita ketahui adat lebi dahulu dari datangnya agama Islam, namun ternyata ajaran adat yg berdasarkan falsafah alam takambang jadikan guru menyerap ajaran Islam , sehingga kemudian adat minang kabau itu menjadi ADAT BASANDI SYARAK SYARAK BASANDI KITABULLAH.
Bahwa Islam mengajarkan bagaimana manusia mesti menghormati ibunya, bahkan lebih dari ayahnya  kita ketahui dari beberapa hadist Rasul, namun ini ladangnya uztad aku , biarlah uztad yg menjelaskan.
Bahwa apa yang dapat kita petik dari keberadaan seorang ibu atau bundo kanduang di ranah minang adalah sesuai dengan ajaran Islam, dan andai kata setiap ibu di Minangkabau atau dimana saja di dunia ini seperti itu sungguh dunia ini akan aman damai dan sentosa.
Aku berharap Ikatan Cendikiawan Perempuan Minang (ICPM) dan program kerja yang di buat oleh BUNDO KANDUANG Gebu Minang, akan dapat mendorong kearah perbaikan kehidupan masyarakat Minang yang di mulai dengan kesadaran seorang ibu sebagai bundo kanduang, sehingga tidak akan pernah terjadi ; jalan ka dianjak dek urang lalu.!

Mohon maaf kalau ada salah2 kata, 
Wassalam
Uni Marni Malay.
 

Label

Translate

aku dan sabrina, my classmate

aku dan sabrina, my classmate